penuliasan ilmiah




BAB I PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah


Perkembangan dunia komputer sudah begitu pesat. Sehingga dalam berbagai proses kegiatan selalu di jumpai keberadaannya. Komputer dapat dipakai untuk membantu orang-orang dalam memecahkan problem. Semakin cerdas sistem itu serta semakin ditingkatkan level penanganan informasinya, maka semakin aktif peranan yang dimainkan oleh komputer. Dewasa ini terjadinya peningkatan minat dalam menggunakan komputer untuk kecerdasan buatan. Kecerdasan buatan (artificial intelligence), adalah kegiatan menyediakan mesin salah satunya komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap cerdas jika diamati oleh manusia. AI (artificial intelligence) menggambarkan aplikasi komputer tercanggih saat ini, dengan mencoba menyerupai beberapa jenis penalaran manusia.Modul Penerimaan Pengetahuan (Knowledge Acquisition Mode) Sistem berada pada modul ini, pada saat ia menerima pengetahuan dari pakar. Proses mengumpulkan pengetahuan-pengetahuan yang akan digunakan untuk pengembangan sistem, dilakukan dengan bantuan knowledge engineer. Peran knowledge engineer adalah sebagai penghubung antara suatu sistem pakar dengan pakarnya. Consultation Mode Pada bagian ini, user berinteraksi dengan sistem dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sistem. Explanation Mode adalah proses pengambilan keputusan oleh system (bagaimana suatu keputusan dapat diperoleh).


Karena hal tersebut, dalam hal ini ingin membahas mengenai bagaimana caranya membuat suatu produk sistem yang dapat dengan mudah melayani para pasien tanpa si pasien harus keluar rumah, yang selain memakan waktu, tenaga dan biaya tetapi juga sangat dikhawatirkan akan kondisi pasiennya. Oleh karena itu pula penulis mewujudkannya dengan mencoba membuat suatu program pakar, dengan tema konsultasi keluhan mulut, lidah, dan tenggorokan. Dalam aplikasi ini, penulis menggunakan program PHP DAN MYSQL sebagai program utama yang didukung dengan MySQL.

1


2


Sebagai database dalam aplikasi ini. Sehingga penulis membuat penulisan ilmiah ini “ APLIKASI SISTEM PAKAR untuk Mendiagnosis Keluhan Mulut, Lidah dan Tenggorokan Menggunakan PHP dan MySQL



1.2 Masalah dan Pembatasan Masalah


Dalam penulisan ilmiah ini, penulis membuat aplikasi hanya pada beberapa keluhan mulut, lidah, dan tenggorokkan yang berformat pertanyaan jawaban ya dan tidak untuk kalangan dewasa. Adapun keluhan yang disediakan yaitu Keluhan Tenggorokan Serak, Serak dan Kehilangan Suara, Sakit Gigi, Sulit Menelan, dan Perih di Mulut atau Lidah yang disusun dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya.



1.3 Tujuan Penulisan


Tujuan dari penulisan ini dibuat untuk membuat aplikasi dengan PHP dan MySQL yang dapat digunakan untuk mendiagnosis beberapa keluhan mulut, lidah, dan tenggorokkan secara dini. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan memudahkan pelayanan para pasien tanpa si pasien harus keluar rumah, yang selain memakan waktu, tenaga dan biaya tetapi juga sangat dikhawatirkan akan kondisi pasiennya.


1.4 Metode Penulisan


Pada penulisan ini, penulis menggunakan metode penulisan yaitu :


  1. Studi Pustaka

Metode pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari buku bacaan yang terkait dengan pokok permasalahan yang sesuai dengan tema pada pembuatan aplikasi dan bahasa pemrograman yang digunakan oleh penulis.

  1. Wawancara

Teknik pengumpulan data ini, dilakukan dengan cara penulis menanyakan keluhan pada para ahli untuk memperoleh data – data yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi ini.




3



1.5 Sistematika Penulisan


Sistematika penulisan merupakan pembahasan penulisan yang bertujuan memberikan laporan secara jelas dan sistematis. Penulis membagi penulisan ilmiah ini menjadi 4 bab, terdiri dari:

Bab 1 PENDAHULUAN


Dalam bab ini terdapat gambaran umum tentang permasalahan yang akan dibahas seperti latar belakang penulisan, pembatasan masalah, tujuan penulisan dan sistematika penulisan.

Bab 2 LANDASAN TEORI


Menjelaskan tentang teori - teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini, seperti teori sistem pakar, diagram alur (flowchart) dalam perancangan suatu aplikasi, Personal Home Page (PHP) dan sistem basis data menggunakan MySQL.

Bab 3 ANALISA DAN PEMBAHASAN


Dalam bab ini akan menerangkan tentang tahapan cara pembuatan aplikasi, yaitu representasi pengetahuan dari aplikasi, tahap pembuatan desain form untuk login pasien, form update diagnosis untuk admin, form lihat pertanyaan untuk admin, form lihat diagnosis untuk admin, alur program (flowchart) untuk pasien, struktur database yang digunakan. Dan juga pengujian aplikasi dengan hardware standar yaitu setaraf Intel pentium.

Bab 4 PENUTUP


Dalam bab ini berisi kesimpulan dan saran.



































0 komentar :

Posting Komentar

 

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.