Hypertalk???

Apa Itu Hypertalk


Bahasa yang digunakan di Mac-satunya Apple RAD HyperCard. HyperTalk dirancang oleh BillAtkinson untuk mendorong 'program untuk kita semua'. Ini adalah bahasa menipu kuat dan extensible yang memperkenalkan banyak orang untuk dasar-dasar pemrograman melalui sintaks bahasa Inggris-seperti sederhana, sehingga mudah untuk belajar cukup cepat untuk menulis dari atas kepala Anda, kemudian hack saat Anda dibenar-benar menggunakan hasilnya. Dengan menjadi bagian dari RAD, juga mempertahankan programmer dari keharusan untuk menentukan komponen antarmuka pengguna seperti tombol dan bidang teks dengan menyediakan komponen kosong yang dapat diseret sekitar pada layar. Masing-masing komponen dapat membawa petunjuk HyperTalk sendiri (misalnya 'pada akhir mouseUp melakukan apapun mouseUp', tetapi juga dapat dikendalikan dari kode tempat lain.

Salah satu fitur terbaik HyperTalks adalah built-in debugger yang datang ke dalam tindakan pada setiap menghadapi pos-pos pemeriksaan yang Anda tambahkan. Anda kemudian dapat langkah melalui baris kode bermasalah demi baris, dll, sedangkan mengurus nilai-nilai variabel dan perintah pemeriksaan menggunakan dua XCMDs dibundel, Variabel Watcher dan Command Watcher. Yang terakhir rapi indentasi pesan sistem dikirim oleh kode Anda sehingga Anda dapat melihat subroutine telah mengirimkan yang perintah.

Non-Apple implementasi dari bahasa dikenal sebagai xtalk.Lihat arsip xTalk Open Source Interpreter

* Http://www.creysoft.com/xtalk/

The New Hacker's Dictionary JargonFile menyebutkan HyperTalk bawah 'candygrammar' entri untuk menggambarkan:

"Sebuah tata bahasa pemrograman-bahasa yang kebanyakan sintaktis gula [...] COBOL, bahasa HyperTalk Apple, dan banyak bagian '4 disebut database bahasa GL 'properti ini."

http://catb.org/ ~ esr / jargon / html / C / candygrammar.html

Namun, HyperTalk tidak mengandung

"Sebuah persyaratan untuk menulis berakhir jika, akhir sementara, lakukan akhir, dll untuk mengakhiri blok terakhir dikendalikan oleh kontrol membangun (sebagai lawan hanya akhir)"

http://catb.org/ ~ esr / jargon / html / S / sintaksis-salt.html

yang, secara paradoks, berarti bahwa meskipun selera HyperTalk gula sintaksis itu juga dibumbui dengan bau garam sintaksis. Jenis manis-asam.

Dalam keadaan standar, itu memiliki keterbatasan: misalnyatidak ada array (meskipun mereka dapat ditiru) dan tidak ada struktur uji-kasus (memaksa sangat nested if-thens atau solusi kreatif lebih). Namun, menerima XCMDs dan XCFNs, yang sangat memperluas kemampuannya. Sering ditulis dalam C, ini juga cenderung untuk bekerja dengan klon HyperCard seperti SuperCard dan MetaCard. Jadi, jika HyperTalk tidak melakukan sesuatu yang Anda inginkan dari kotak, Anda biasanya bisa mendapatkan XCMD atau XCFN untuk melakukannya untuk Anda, atau menulis satu sendiri.

Itu adalah ideal untuk melakukan apa saja pada Mac, dua alasan mengapa HyperCard diperoleh grup vokal pengguna dan sangat aktif. Saya pernah mendengar sebuah web browser yang ditulis menggunakan HyperTalk. - DaveEveritt

Ya, Anda memang bisa melakukan apa saja dengan HyperCard. Aku tidak datang di HyperCard stack yang harfiah membuat HTML seperti browser Web, tetapi ada hal Web memang banyak yang dapat Anda lakukan dengan HyperCard.Mac program CGI dari segala jenis. Saya, pada kenyataannya, penulis HyperCard solusi berbasis web di mana halaman situs yang dihasilkan dan personal secara real-time, menurut model-siswa yang mengamati perilaku siswa. Anda juga memiliki beberapa generator situs Web yang batch-menghasilkan seluruh situs setelah Anda telah membuat semua perubahan Anda ke situs Web HyperCard stack. Dengan XCMD, Anda dapat melakukan FTP, SMTP, POP, HTTP dan protokol Internet lainnya. Contoh dan siap pakai reusable HC solusi yang GRATIS yang tersedia, terutama dari Pantechnicon HyperCard: [http://www.lca.uqam.ca/pan/pmwiki.php] - Alain Petani

Namun Apple telah gagal untuk mempromosikan produk ini agak tua tapi sangat cerdas secara memadai, meskipun telah berjanji untuk mempertahankan itu untuk versi masa depan Mac OS. - DaveEveritt

Sayangnya benar, tetapi apakah Anda mendengar FreeGUI dan FreeCard [http://www.lca.uqam.ca/pan/pmwiki.php/FreeCard/HomePage]?.Pengguna HyperCard telah meluncurkan sebuah proyek yang akan "clone" GUI dari HyperCard, dan bahasa scripting HyperTalk nya. FreeGUI adalah GUI tentu saja (public-domain), dan FreeCard adalah aplikasi itu sendiri ("Lisensi FreeCard" yang tampaknya apache-ish). Kedua demikian open source, dan bebas dalam setiap arti istilah "bebas". FreeCard sumber dan info berlokasi di SourceForge, dan FreeGUI dalam [http://groups.yahoo.com/group/freegui/]. - Alain Petani (lisensi update oleh Toby Cabot)

Ya, dan aku tak sabar untuk melihat itu, begitu aku dapat mengimpor tumpukan yang ada HyperCard. Aku mencoba Runtime Revolusi, tapi proses penerjemahan kebutuhan banyak tweaker - Dave Everitt

Ada juga proyek lain terjadi untuk mengkloning HyperCard disebut api [http://www.lca.uqam.ca/pan/pmwiki.php/WildFire/HomePage].Pertama itu hanya sebuah IDE di atas HyperCard, maka itu adalah proyek untuk klon HyperCard di RealBasic, dan sekarang ini adalah proyek untuk klon HyperCard di C. AFAIK kita banyak lebih jauh sejauh kode kerja aktual dari FreeCard. - Jonathyn Bet'nct

Aku adalah seorang pengguna HyperCard awal / programmer dan melakukan aplikasi multi-user bisnis yang serius menggunakannya dan HyperTalk. Saat itu (dan aku senang mendengar, masih) besar. Saya sudah membaca beberapa artikel tentang kelahiran HyperCard (saya ingat salah satunya oleh Bill Atkinson), dan mereka menggambarkan bagaimana HyperTalk adalah sesuatu yang muncul dengan baik ke dalam proyek Kartu Hyper, dan orang yang harus mendapatkan banyak kredit untuk pengembangan bahasa (membuat saya merasa buruk bahwa saya tidak dapat mengingat namanya, Apakah nama pertama lonceng ring Dan untuk orang lain?)

Aku cukup yakin itu DanWinkler; Dan Gelder wrote budak - CarlManaster

Bill aplikasi yang HyperCard pra-tanggal bernama "Wild Magic", yang juga merupakan nama perusahaan ia mulai setelah meninggalkan Apple.

(Sebenarnya, saya pikir perusahaannya disebut "General Magic." - Jonathyn Bet'nct)

(Aku masih sepertinya ingat "Wild Card" - seingat saya itu adalah salah satu aksesoris meja pertama, dan termasuk dengan OS Mac asli -. Salah satu yang telah terinstal pada Mac 128K)

Jika Anda mengetik "ajaib" dalam kotak pesan versi tertentu dari HC yang hanya dimaksudkan untuk menjadi pembaca, itu akan membuka program lengkap ... meski sudah pernah benar-benar terkunci; melakukan ini hanya berpengaruh Home Stack.Anda masih harus menyediakan dokumentasi Anda sendiri juga.Jika memori melayani, ini adalah versi didistribusikan dengan versi pre-7.5 OS 7, dalam 7,5 dan kemudian, pembaca dimasukkan pembatasan yang mencegah dari yang digunakan untuk pembangunan. Saya tidak berpikir setiap lingkungan HC tersedia untuk OS X.

Pada hari aku benar-benar melakukan ini adalah hari saya mulai pemrograman, terima kasih untuk mengingatkan saya tentang kata kunci 'ajaib'! - DaveEveritt

(Saya kedua rekomendasi buku ini, terutama edisi untuk HC 2.0. HyperCard tidak lebih, tapi buku itu melakukan pekerjaan yang baik untuk menunjukkan apa itu semua tentang bagi-historis berpikiran Seperti hampir semua dokumen penting arkeologi, itu. bukan tujuan yang telah ditetapkan, tentu saja:) - DanielKnapp).

HyperCard masih ada, dan sebenarnya pada Apple daftar 'mempertahankan', tapi dengan tidak berencana untuk menulis ulang untuk OSX, yang benar-benar membutuhkan. SuperTalk SuperCard adalah terkait, menawarkan jalur migrasi, dan telah ditulis ulang untuk OSX, tetapi tidak begitu elegan. Lihat HyperCard alternatif HC, termasuk SqueakSmalltalk AlanKay's.- DaveEveritt

Apple dikirim versi lengkap dari aplikasi pada floppy # 7 (dari 7 total) dari paket 7.0.1 Sistem, dan pada kartu tingkat pengguna di rumah tumpukan, mereka hanya meletakkan tombol kosong dari atas dari 3, 4 dan 5 tombol, sehingga mereka tidak bisa dilihat atau diklik. Menggunakan 'ajaib' kata kunci tidak melakukan apa-apa di versi yang (setidaknya tidak di copy saya itu), tetapi setiap pengguna HyperTalk-cerdas hanya bisa membuka kotak pesan dan ketik 'userLevel diatur ke 5' dan voila - sebuah berfungsi penuh, membuka versi program ...! – BenScripps

HyperTalk - Sebuah verbose semicompiled bahasa oleh Bill Atkinson dan Dan Winkler, dengan sintaks longgar dan mudah dibaca tinggi.

HyperTalk menggunakan HyperCard sebagai sistem manajemen objek, lingkungan pengembangan dan pembangun antarmuka. Program tersebut akan disusun dalam "tumpukan" dari "kartu", masing-masing yang mungkin memiliki "tombol" dan "ladang". Semua penyimpanan data di nol-string diakhiri pada bidang, lokal, atau variabel global; semua referensi data melalui "ekspresi potongan" dalam bentuk:

'Item terakhir dari latar belakang "Daftar Nama" bidang kartu ID 34217'.

Aliran kontrol adalah event-driven dan menggunakan pesan-passing antara script yang melekat pada stack, latar belakang, kartu, lapangan dan objek tombol.

Apple Computer telah dibawa kembali distribusi dan pemeliharaan HyperCard dari Claris Corporation

["HyperTalk Language Reference Manual", AW 1988].

0 komentar :

Posting Komentar

 

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.